Kamis, 22 September 2016

Manfaat Pepaya Muda Untuk Kesehatan


Pepaya merupakan salah satu buah yang mempunyai kandungan air yang banyak dan menyegarkan. Selain itu, pepaya ini juga mempunyai rasa yang manis. Tak heran banyak orang yang sangat suka dengan buah pepaya.

Umumnya, pepaya yang dikonsumsi adalah pepaya yang sudah tua atau sudah matang. Warnanya merah atau orange, rasanya pun lebih manis. Sementara pepaya yang masih muda (masih berwarna hijau) jarang dikonsumsi.

Soal rasa, pepaya muda ini memang kalah enak dari pepaya yang sudah tua. Namun jangan salah, ternyata pepaya muda juga mempunya manfaat yang baik untuk tubuh. Pepaya muda ini mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti potasium, magensium, vitamin A, C, B, dan E. Pepaya muda ini juga mengandung enzim papain dan cymopapain.

Berikut beberapa manfaat dari buah pepaya muda untuk kesehatan:

1. Menyehatkan sistem pencernaan
Kandungan enzim papain dan chymopapain pada pepaya muda mampu menyehatkan sistem pencernaan tubuh. Pepaya muda ini juga bisa mencegah terbentuknya gas dalam perut sehingga tidak akan kembung.

2. Menambah kekebalan tubuh
Pepaya muda ataupun biji pepaya diketahui mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung Vitami A, C, dan E. Selain itu pepaya muda juga mampu mencegah infeksi, pilek, serta batuk.

3. Melancarkan BAB
Kandungan papain pada pepaya muda bisa menyembuhkan penyakit susah buang air besar (BAB) atau biasa juga disebut dengan konstipasi. Pepaya muda yang dibuat jus juga diketahui berguna untuk membersihkan usus.

4. Meningkatkan produksi ASI
Menkonsumsi pepaya muda sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui. Hal ini karena pepaya muda diketahui mampu meningkatkan produksi air susu ibu (ASI). Dengan demikian ASI untuk si kecil bisa diberikan secara teratur dan lancar.

5. Mencegah infeksi saluran kemih
Menkonsumsi jus pepaya muda sangat berguna untuk melindungi sistem pengeluaran tubuh dan mencegah infeksi saluran kemih. Pepaya muda ini juga akan berguna untuk mencegah berkumpulnya bakteri pada saluran kemih.

Meskipun rasanya tidak seenak pepaya yang sudah matang, ternyata pepaya muda ini tetap menyehatkan. Jadi tidak ada salahnya jika Anda sekali-kali menkonsumsi pepaya muda demi tubuh yang lebih sehat.

0 komentar:

Posting Komentar